Kemegahan Dan Keindahan Peninggalan Purbakala Zaman Megalitikum Di Desa Talago Pulai Sumatera Barat
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Kemegahan Dan Keindahan Peninggalan Purbakala Zaman Megalitikum Di Desa Talago Pulai Sumatera Barat

Saturday, May 11, 2019



Sumbar.online -Kabupaten Tanah Datar-kecamatan rambatan, nagari simawang, jorong koto gadang, tepat nya di desa talago pulai terdapat kemegahan dan keindahan peninggalan purbakala zaman megalitikum, salah satunya situs batu yang unik berupa batu berdiri, miring, yang berbentuk menhir.  Masyarakat sekitar menyebutkan bukit penghujan, situs megalit simawang berada di lokasi yang strategis, sebelah barat dari situs akan terlihat gunung marapi yang begitu megah, sedangkan sebelah selatan terdapat danau singkarak yang begitu Indah.

Situs ini adalah kompleks pemakaman kuno yang diperkirakan muncul pada masa Islam sekitar abad ke XVIII. Wujud fisiknya berupa susunan batu-batu besar berjenis andesit dan berdiri di puncak bukit. Bagian kepala menhir lebih besar dari bagian kaki. Bangunan menhir ini juga tidak menghadap ke gunung atau dataran tinggi seperti menhir umumnya di kawasan Sumatra Barat. Menhir sendiri adalah penanda yang biasanya dikaitkan dengan penguburan, dan merupakan warisan zaman prasejarah.

Para pengunjung akan dibantu pihak pemandu yang sudah disiapkan oleh balai cagar budaya yang akan menemani dan memberikan informasi pengetahuan tentang situs batu peninggalan sejarah

Situs batu peninggalan yang berada di jorong koto gadang nagari simawang, saat ini hanya dirawat oleh seorang petugas yang bernama mikdad addaili rahman. Selain menemani para pengunjung yang membutuhkan informasi seputar situs, petugas itu juga merawat dengan membersihkan sampah dan rumput.

“Semuanya saya lakukan sendiri hingga hari kerja bahkan terkadang di hari libur (Ahad), ketika banyak pengunjung biasanya anak-anak sekolah, ataupun orang orang dari luar sumbar pun berkunjung ke situs cagar budaya yang ada di jorong koto gadang ini,” ujar Mikdad addaili rahman

Laporan : irsyad