Dugaan Tilep Uang BUM Desa, Ketua Pemuda Desa Taloko Desak Inspektorat Audit Kades
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Dugaan Tilep Uang BUM Desa, Ketua Pemuda Desa Taloko Desak Inspektorat Audit Kades

Saturday, July 20, 2019

Ketua Pemuda

NTB, SUMBAR.ONLINE - Ketua Pemuda Desa Taloko, Maskur sapaan akrab Iron menanggapi terkait dugaan 84 juta uang Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang mencuat di tengah-tengah masyarakat Desa Taloko Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima tidak dilakukan pengelolaan oleh Pengurus BUM Desa setempat, Sabtu (20/7).

Dia mengatakan, uang BUM Desa Taloko yang dia maksud yakni uang yang dialokasikan pemerintah desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Tahun Anggaran 2018 sebesar 34 juta. Juga uang BUM Desa bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (APBD I) Tahun Anggaran 2018 melalui permohonan proposal Pengurus BUM Desa Taloko yang diajukan oleh pemerintah desa setempat sebesar 50 juta.

"Kami sangat kecewa karena seharusnya uang tersebut sudah dikelola oleh pengurus sejak terealisasinya di tahun 2018. Tapi kenapa kades tidak menyerahkan ke pengurus. Padahal, itu uang masyarakat yang harus diterima pengurus dan untuk kesejahteraan masyarakat,"katanya.

Dia juga menduga kalau uang tersebut sudah disalahgunakan oleh oknum kepala desa yang bukan haknya.

"Kami tidak bisa menerima tingkah kepala desa seperti ini, dan kami juga harus mengusut kasus ini,"tegasnya.

Dia meminta kepada inspektorat kabupaten Bima untuk tidak tutup mata atas persoalan ini. Apalagi ini persoalan uang negara.

"Segeralah inspektorat mengaudit kepala desa Taloko karena inspektorat adalah satu-satunya Lembaga Pemerintahan yang dapat mengaudit pelaksanaan APB Desa secara intern pemerintah daerah ,"harapnya. (HB-LR)