Kita Relawan Jokowi Tanpa Pamrih
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Kita Relawan Jokowi Tanpa Pamrih

Monday, July 15, 2019


Penulis : Andi Chaniago
Projo Kota Padang

Dengan melihat beberapa kejadian dan dinamika dalam perjalanan kontestasi Pilpres 2019 dan sampai kepada saat pak Jokowi kembali menjadi pemenang pilres dapat disimpulkan kadar militansi para pendukung Capres. Ada dua kadar militansi pendukung .
1. Militan Total (Tanpa Syarat)
2. Militan bersyarat
Pendukung Militan Total adalah pendukung yang tanpa syarat. Apapun kondisinya dan kualitas orang yang didukungnya mereka akan tetap mendukung tanpa keberatan apapun. Semua tingkah laku dan sikap jagoannya tetap akan didukung tanpa reserve.

Pendukung Militan Bersyarat adalah pendukung yang masih mensyaratkan hal-hal tertentu kepada calon yang didukungnya. Terkadang keputusan tertentu yang diambil jagoannya sering digugat dan dipertanyakan.

Yang luar biasa para pendukung Prabowo dan si sandi hampir semua masuk kategori pendukung Militan Total. Apapun yang mereka lakukan  sekonyol, sebodoh dan sebohong apapun mereka tetap mendukung dan membela gigih mati-matian. Pendukung Militan Total si Prabowo sudah meninggalkan nalar dan akal sehat. Rasionalitas mereka sudah tertutup fanatisme buta terhadap Prabowo.

Adapun sayangnya Jokowi - MA tidak seberuntung itu.
Mendeteksi pendukung Jokowi - MA yang Militan Bersyarat dapat dengan mudah dilakukan pada saat mereka seringkali mempertanyakan keputusan Jokowi dalam hal tertentu secara terbuka di media sosial. Sebagai contoh rencana pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, para pendukung Jokowi - MA yang Militan Bersyarat mulai teriak mempertanyakan kebenaran keputusan Jokowi. Bahkan mengancam akan menarik dukungan. Padahal keputusan itu pasti sudah dikalkulasi dan dipertimbangkan secara matang oleh Jokowi. Namun masih saja ada beberapa orang dalam kelompok ini mempertanyakannya dengan pertimbangan primordial.

Kelompok pendukung Jokowi yang Militan Bersyarat juga seringkali mengaitkan keberpihakan Jokowi terhadap kasus BTP. Padahal secara obyektif sudah dipaparkan oleh berbagai pihak bahwa mengaitkan BTP dengan Jokowi saat ini sangat tidak menguntungkan dan berpotensi melemahkan Jokowi - MA. Tapi tetap saja banyak orang dari kelompok ini terus saja mengagung-agungkan BTP secara tidak proporsional.

Kebimbangan kelompok pendukung Jokowi - MA yang Militan Bersyarat ini sering sekali dimanfaatkan oleh kubu sebelah untuk mengail di air keruh. Mereka mengacak-acak soliditas kekuatan dukungan terhadap Jokowi - MA dengan narasi-narasi yang membakar emosi kaum Militan Bersyarat ini. Dan ini amat sangat memprihatinkan.
Dukungan tanpa syarat yang diperlukan Jokowi adalah semua pendukungnya percaya 100% terhadap apapun keputusan dan kebijakan Jokowi dan mau bahu membahu turun ke lapangan untuk meyakinkan masyarakat akar rumput dan kaum milenial bahwa Indonesia dijamin maju bersama Jokowi. Dukungan lain yang tidak kalah pentingnya adalah  Bukan sekedar dukungan oral tanpa realisasi.

Lepas dari kategori pendukung Militan Total dan Militan Bersyarat, yang terbaik adalah menjadi pendukung militan total yang rasional dan obyektif. Tidak ada pamrih untuk mengharap kan sesuatu..... Hanya ingin melakukan yang terbaik untuk negri ini .

 relawan jokowi sumbar tanpa pamrih.  terinspirasi dari tulisan nya mas R.S.K