Drs. H. Darul Siska Kuatkan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Dan Negara Kepada Masyatakat
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Drs. H. Darul Siska Kuatkan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Dan Negara Kepada Masyatakat

Monday, February 10, 2020


Tanah Datar - Masyarakat Nagari Singgalang, Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar dengan antusias menghadiri kegiatan Sosialisasi 4 Pilar yang dihadiri oleh Drs. H. Darul Siska. Pada kesempatan ini masyarakat diingatkan dan disegarkan kembali terkait pemahaman nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan tokoh masyarakat dan masyarakat dengan dibalut suasana alam khas pegunungan Sumatera Barat yang asri dan sejuk. ( 10/2)

Masyarakat yang hadir merasa kegiatan ini penting karena pada saat ini teknologi dan arus informasi yang cepat bisa menggerus semangat kebangsaan terutama bagi kalangan muda. Penguatan persatuan dan kesatuan menjadi sangat penting karena pada beberapa kesempatan masyarakat di berbagai tempat bisa dengan mudah dihadapkan pada situasi yang berpotensi pada perpecahan. Hanya karena perbedaan pandangan dan pendapat bisa saling menyalahkan.

“Kita semua harus paham bagaimana nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara itu harus ditanmakan kepada diri sendiri dan kepada sekitar. Adanya kedamaian dalam persatuan dan kesatuan juga bisa menciptakan situasi dan kenyamanan dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, termasuk di dalamnya beribadah dan beragama”. Ungkap Drs. H. Darul Siska. “Kita bisa merasa aman dan damai beribadah kalau kita tidak ada konflik. Jangan sampai negara yang kita cintai ini berkonflik seperti banyak negara lain sehingga untuk beribadah ke tempat ibadah saja takut mendapatkan teroro”, imbuhnya.

Pada kesempatan ini masyarakat juga terlihat antusiasmenya ketika terjadi diskusi tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang menarik dilontarkan dari masyarakat adalah bagaimana menanggapi perdebatan antara mana yang harus didahulukan antara negara dan agama.

“Nilai-nilai yang tekandung dalam Agam Islam itu baik. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila serta UUD 1945 itu juga baik. Jadi bukan siapa yang harus didahulukan tetapi harus selaras dan harmonis.” Pendapat Drs. H. Darul Siska dalam menanggapi keresahan masyarakat. “Intinya adalah bagaimana kita semua bisa hidup dengan damai, sehingga mau beribadah bisa khusyu’, begitu juga mau mencari rejeki bisa aman, itulah kenapa semua nilai-nilai yang baik harus kita selaraskan.” Imbuhnya.