Desa Talagasari Bersama Unsur Tiga Pilar Gelar Rapid Test Dan Swab
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Desa Talagasari Bersama Unsur Tiga Pilar Gelar Rapid Test Dan Swab

Thursday, June 11, 2020




Kabupaten Tangerang-
Pemdes Talagasari Gelar Rapid Test juga Swab dengan Tim gugus tugas covid 19 yang di laksanakan di kantor Desa Talagasari Kec Cikupa Kab Tangerang pada hari Kamis 11/06/2020 pukul 08.00 s/d 13.00 Wib

Dalam acara Rapid Test , Swab yang di hadiri oleh: Camat Cikupa H Abdullah S,Sos, M,Si, Kades H Subarno Singa Wijaya, Sekdes H Kosim Sp, Ketua MUI kec Cikupa KH Yayan Mulyana, Kapolsek Cikipa Kompol Budi Warsa SH, Danramil 04 Cikipa Kapten Inf Khoiril Anwar,Kepala Puskesmas Dr Shelmi Johan, Tem medis, Para Dokter, Bhabinkamtibmas Aiptu Nana Mulyana, Babinsa I Komang, Ketua BPD Endang Haryudi, Aparatur Desa, para Ketua RT, Rw, Jaro, Se desa talagasari

H Nano selaku Kades talaga sari juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Desa talagasari, dalam acara Rapid Test Swab Didampingi Oleh Muspika kecamatan cikupa juga Ketua MUI untuk memantau pelaksanaan Rapid Test juga swab di Desa Talagasari Rt.010/02 kec Cikupa yang merupakan Zona merah di Kec Cikupa.

Turut hadir dari Tim Medis dari Kepala Puskesmas Kecamatan Cikupa Dr Shelmi Jhohan, para dokter, juga Tim Medis ikut dalam pelaksanaan ini.


Pihak medis menerangkan,Test untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab Covid 19 menggunakan metode PCR (Polymerase Chain reaction) atau biasa di sebut dengan test swab, selain itu ada pula metode Rapid Test,'ujarnya

Perbedaan dari Rapid test dengan pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung selama ini di gunakan untuk menentukan diagnosis Covid 19. Untuk Rapid test menggunakan sample darah sedangkan pemeriksaan swab menggunakan lendir yang di ambil dari dalam hidung dan tenggorokan. cara kerja pun berbeda jika rapid test memeriksa virus menggunakan IGD dan LGM yang ada didalam darah. lGG dan lGM adalah sejenis Antibodi yang terbentuk di tubuh saat mengalami infeksi virus.

Jika terinfeksi virus maka jumlah lGG dan lGM didalan tubuh akan bertamabah. hasil rapid test dengan sample darah tersebut dapat memperlihatkan adanya lGG juga lGM yang terbentuk dalam tubuh.Jika ada maka hasil rapid test dinyatakan positif ada infeksi. Namun hasil tersebut bukanlah Diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid 19. Maka dari itu orang dengan hasil Rapid Test posistif perlu menjalani pemeriksaan lebih lanjut yaitu pemeriksaan swab tenggorokan atau hidung ( TH ).


Adul selaku ketua Rt 010/02 merasa ketakutan warganya dalam pelaksanaan Rapid Test ini karena giringan opini yang menakutkan dan kurangnya Edukasi yang merata tentang rapid test ini. Warga dilingkungan kami setelah di beri tahu tentang Rapid Test bisa terbuka dan mengikuti anjuran para petugas dengan sistem door to door mengajak warga sekitar radius 100 / 150 meter dari kediaman warga yang sudah terinfeksi positif Covid 19 yang sebelumnya terkonfirmasi virus mematikan ini,; lanjut Rt 10/02 adul."

Warga sekitar Radius 100mtr ini mencapai 63 Warga yang mengikuti Rapid Test dan 3 orang melakukan test Swab karena merupakan anggota keluarga yang sudah Terkonfirmasi Corona Ini. Hasil Swab ini akan di beritahukan kepada Pemdes sekitar 6-7 hari kedepan.

Edi Jayadi ( Uje ) mengatakan Pelaksanaan Rapid Test ini diharapkan bisa memutus Mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah Rt 10/02 terutama desa Talagasar. mari kita ikuti anjuran dari pemerintah dengan di adakan nya Protokol kesehatan juga mari kita jaga kebesihan dalam lingkungan kita, usahkan jaga jarak dan selalu menggunakan masker bila keluar rumah." ujar Uje ."

H Nano menambahkan dalam acara Rapid Test ,Swab Allahadulilah berjalan dengan lancar apa yang saya harapkan untuk rapid test yang ada di desa talagasari ini. sekali lagi saya ucapkan banyak banyak terima kasih kepada muspika juga ketua MUI kec cikupa dan kepala puskesmas Cikupa , para Tim medis, Dokter yang sudah ikut monitoring yang ada di desa talagasari ini. " Kades H Nano ."

KEMBALI, TALAGASARI MELAKUKAN RAPID TEST DAN SWAB DI ZONA MERAH

." Apang supriyadi."