Polres Payakumbuh Jaga Ketahanan Pangan Dan Bagikan Hasilnya Kepada Warga Yang Terdampak Covid
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Polres Payakumbuh Jaga Ketahanan Pangan Dan Bagikan Hasilnya Kepada Warga Yang Terdampak Covid

Sunday, June 7, 2020



Payakumbuh - Dalam rangka persiapan menuju masa normal baru (New Normal), personel Polres Payakumbuh melakukan beberapa inovasi untuk menjaga ketahanan pangan serta membagikan sebagian hasilnya kepada warga yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Sebagai contoh, aksi yang dibuat oleh personel Polres Payakumbuh dalam rangka kesiapan ketahanan pangan tersebut adalah Aiptu Imran, Bripka Anthoni, Aiptu Chandra Hadi, dan Bripka Frans Ramel yang memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam serta beternak.

Untuk diketahui, ketahanan pangan bertujuan untuk menjamin ketersediaan pangan dan mengatasi keterbatasan kemampuan masyarakat untuk mengakses ketersediaan pangan. Menjaga ketahanan pangan menjadi berarti untuk membantu warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19.

“Ini merupakan upaya ketahanan pangan, kami juga berharap dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan bertanam di lahan sendiri,” ujar Kapolres payakumbuh AKBP Dony Setiawan.

Saat ditinjau langsung ke lokasi, personel Polsek Luhak Polres Payakumbuh Aiptu Imran, tampak sedang mengelola kebun cabe merah dan terongnya. Aiptu Imran menjelaskan, ada sebanyak ribuan batang cabe merah di kebun miliknya dengan luas tanah lebih kurang 1.500 m.

“Ada 2.000 batang cabe merah yang dikelola bersama rekan saya, dalam seminggu biasanya sekitar 60-70 Kg cabe merah yang kita panen, sedangkan untuk kebon terong kita panen per 4 hari dengan hasil panen sebanyak 80-100 Kg,” ungkapnya.

Dan tak lupa, dirinya juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19 berupa beras 5 Kg dan cabe hasil panennya.

Kemudian Aiptu Chandra Hadi personel Polsek Kota Payakumbuh, ia memiliki kandang itik petelur yang dalam satu harinya mampu memanen 300 butir telur itik. “Setiap pagi sebelum berangkat dinas, saya beri pakan itik petelur dulu, kemudian dilanjutkan dengan memanen telur itiknya,” katanya.

Dari hasil panen telur itik itu, Aiptu Chandra juga ringan tangan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ditengah pandemi Covid-19, dirinya memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan berupa 10 butir telur itik yang merupakan hasil panen serta beras 5 Kg.

Selanjutnya, Bripka Anthoni Bhabinkamtibmas Polsek Payakumbuh memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam ubi serta cabe merah di tengah pandemi Covid-19. “Kegiatan ini dilakukan setelah pulang dari dinas, dan biasanya ubi ini dipanen per 10 bulan dengan hasil panen mencapai 7 ton,” tuturnya.

Dikatakan, untuk cabe merah yang telah ia tanam tersebut, ia telah memanen per 5 hari dengan hasil panen mencapai 50 Kg.

Ia juga ikut membantu masyarakat dengan memberikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, berupa beras 5 Kg, dan hasil panen 3 Kg ubi dan ¼ Kg cabe merah.

Satu lagi, Bripka Frans Ramel Bhabinkamtibmas Polsek Kota Payakumbuh yang membudidayakan magot sebagai alternatif pakan ternak, solusi untuk menekan biaya pakan yang tinggi. Magot tersebut dijadikan pakan untuk budidaya itik petelur miliknya. “Setiap pagi telur itik dapat dipanen sebanyak 60-80 butir”, kata Bripka Frans.

Selain pembibitan magot dan budidaya itik petelur, Bhabinkamtibmas ini juga melakukan beberapa inovasi lain yaitu mempunyai mesin penetas telur, dan juga melakukan pembesaran itik dan ayam kampung di sekitar tempat tinggalnya. Bripka Frans Ramel juga membagikan telur itik kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah corona.

Atas dedikasi tersebut, banyak masyarakat yang memberi komentar positif kepada mereka diantaranya, “Luar biasa… bisa jadi teladan bagi kita semua…”, komentar akun @r.yu0402 di instagram. “Alhamdulillah bermanfaat untuk semua, sekaligus yang paling utama sebagai ladang amal”, komentar @novri.yoga di instagram, serta “Makin cinta sama POLRI, Barakallahu”, ujar @bundasesanouvaandradithian di komentar postingan instagram @polres.payakumbuh

Terpisah, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan memberikan apresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan personelnya dalam menjaga ketahanan pangan tersebut. “Sedikit banyaknya dengan kepedulian Polri menjaga ketahanan pangan di lingkungannya masing-masing tidak hanya memberikan manfaat untuk dirinya sendiri tapi juga untuk warga di sekitarnya,” katanya.

Ia berharap, agar seluruh personel yang ada di Polres Payakumbuh dan jajaran, juga dapat memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola menjadi lahan produktif. (Hms)