FIMC Adakan Dialog Jaga Keutuhan NKRI
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

FIMC Adakan Dialog Jaga Keutuhan NKRI

Tuesday, July 28, 2020



Jakarta-Selasa, 28 Juli 2020. Forum Indonesia Muda Cerdas kembali menyelenggarakan Dialog Kebangsaan peran anak negeri untuk Indonesia dengan tema "Merawat Kebhinekaan Dan Semangat Menjaga Keutuhan NKRI". Acara dikemas dalam bentuk talkshow secara tatap muka langsung dan virtual. 

Acara diahdiri oleh puluhan peserta perwakilan dari beberapa kampus yang ada di DKI Jakarta. Acara berlangsung di Upnormal Cikini Jakarta Pusat. Dalam menyelenggarakan acara tersebut, FIMC tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar peserta di tengah masa transisi pandemi covid 19 ini.

Acara tersebut di hadiri oleh Narasumber dari akademisi dan perwakilan mahasiswa. Diantaranya Bambang Sripujo Sukarno Sakti yang merupakan akademisi sekaligus praktisi. Dalam pembahasanya Bambang Sripujo Sukarno Sakti menyampaikan bahwa "Alat pemersatu bangsa kita adalah pamcasila dan Nasionalisme yang di terapkan berdasarkan kemanusiaan secara musyawarah untuk mencapai kesejahteraan". Kemudian, lanjut beliau "Faham kebangsaan mencintai bangsa dan Negara, tata budaya serta rasa cinta tanah air adalah suatu keharusan". Beliau menyampaikan bahwa konsep berbangsa yaitu "One For All, All For One". Tegasnya.

Kemudian Narasumber lain yang merupakan Anggota DPR RI Komisi III Bambang Haryadi, S.E secara virtual menyampaikan bahwa "Peran pemuda sangat penting di era digitalisasi ini, bagaimana pemuda membangun citra kebhinekaan dalam mencintai Negara dan tanah air". Kemudian, lanjut beliau "Kita semua harus bergotong royong bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI serta tidak perlu melayani pesan berita yang provokatif, maka haruslah bijak menggunakan sosmed dalam menyikapi semua issue yang dapat memecah belah bangsa".

Lalu dari perwakilan aktivis mahasiswa turut hadir sebagai Narasumber saudari Melanesia Vanin Bebye Kbarek. Beliau menyampaikan pandangannya secara millenial, bahwa "Kaum millenial yang mengemban tugas dari para pendiri bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI memiliki peran yang sangat besar". Kemudian lanjut beliau, "Keadaan bangsa yang sangat majemuk yang terdiri dari kurang lebih 1000 suku bangsa dan bahasa harus kompak menjaga NKRI yang kita cintai ini". Lalu kaum muda harus kritis dalam menyikapi era globalisasi serta harus menjadi problem solver dalam setiap permasalahan bangsa". Jelasnya.

Penghormatan atas kebhinekaan dengan 
kesadaran merawatnya merupakan energi hidup bagi bangsa Indonesia. Dengan penghormatan atas keragaman sosial, bangsa Indonesia akan memiliki perekat sosial yang membuat setiap warga bangsa yang ada di dalamnya menjadi satu sebagai bagian dari keindonesiaan. Dalam hal ini komitmen seluruh warga bangsa dan kehadiran Negara sangat diperlukan agar keutuhan NKRI tetap terjaga.

Sebagai penerus cita-cita bangsa, tentunya kita wajib merawat dan menjaganya serta meneguhkan komitmen untuk mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar pijakan berbangsa dan bernegara dengan di penuhi semangat Nasionalisme.