MAJIKAN, SAHABAT DAN PEMIMPIN oleh : H. Babay Suhendri
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

MAJIKAN, SAHABAT DAN PEMIMPIN oleh : H. Babay Suhendri

Thursday, July 16, 2020


SERANG - Di sebuah diskusi Whatsapp Grup. Saya buka pertanyaan begini, "Apa artinya Majikan, Sahabat, dan Pemimpin"?.

Bermacam-macam jawabannya. Ada yg singkat, ada juga yang membahas dengan beberapa paragraf. Ada lagi yang riset dengan membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online.

"Pemimpin adalah leader, Majikan dan juragan adalah Bos", demikian ungkap Hendrik Singkat.

Mang Oman kirim jawaban lain lagi ''majikan itu orang yang menyediakan pekerjaan berdasarkan ikatan kerja (kontrak)." yang ini mirip di KBBI.😊👌

Membaca jawaban ini saya balik bertanya, "Mang Oman, bagaimana kalo orang yang tidak bisa menyediakan kontrak kerja atau pekerjaan apakah bisa disebut majikan?"😁

Sementara itu, Salah satu mahasiswa S2 yang sedang tesis memberikan jawaban lebih akdemis. "Menurut saya Majikan mungkin identik dengan hubungan bos dengan pegawainya dalam lingkup kecil, contohnya ART (kata lain dari pembantu) dengan Bosnya.

Sedangkan pemimpin ini mencakup yang lebih besar lagi karena yg diurusi bukan hanya pegawai di bawahnya saja akan tetapi masyarakat yg ada di wilayahnya juga harus diperhatikan meski bukan sebagai pegawainya. Demikian ungkap kang Solih.

Lalu, apa artinya Sahabat?  dalam bahasa inggris Friend, artinya teman, kawan, 'baturan' (jawa serang), rencang (sunda). kata yang menunjukan kesetaraan. Bersifat sama atau sederajat. Tak ada hubungan majikan dan bawahan.

Sedangan Pemimpin berasal dari kata Pimpin artinya petunjuk, atau Leader (bahasa Inggris) berarti mengepalai wilayah atau mengetuai organisasi tertentu.

Lalu apa korelasi ketiga kata
 tersebut?

Menarik jawaban singkat aktifis Serang Utara, Muhit mengatakan "Pemimpin itu adalah majikan yang bersahabat" 😀😀😀

Jadi saya simpulkan bahwa pemimpin harus dapat menyediakan pekerjaan, menciptakan peluang dan harapan berkehidupan bagi yang dipimpinnya dengan tabiat yang bersahabat.

lalu majikan pemimpin itu siapa? ya tentu rakyat, yang memberinya pekerjaan, jabatan, legitimasi yang disalurkan melalui TPS dengan kontrak per lima tahun. Berbatas waktu. wallahualamubissowab.

#9DesemberMemilih.
(Red)