Komunitas MP3 Membangun Nagari, Buat Rumah Belajar Untuk Anak Sekolah Dasar
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Komunitas MP3 Membangun Nagari, Buat Rumah Belajar Untuk Anak Sekolah Dasar

Rindo Ribad
Saturday, August 22, 2020


Padang Sidimpuan- Komunitas Mahasiswa Padangsidimpuan Peduli Pendidikan adalah salah satu wujud kontribusi mahasiswa untuk membangun negeri. Sesuai namanya, komunitas MP3 bergerak di bidang pendidikan. MP3 sudah membangun program RUMAH BELAJAR di salah satu sudut kota Padangsidimpuan yaitu di Desa Simapilapil, Kecamatan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan.

Komunitas MP3 didirikan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Adapun yang memotivasi sejumlah mahasiswa untuk mendirikan komunitas MP3 ini yakni kekhawatiran terhadap generasi saat ini, mengingat di masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran melalui sistem jarak jauh dirasa kurang efektif, tidak hanya materi pembelajarannya saja yg kurang didapat, tetapi juga pendidikan moral kurang didapatkan oleh adik-adik khususnya siswa Sekolah Dasar.

Sementara itu tidak semua desa yang ada di kota Padangsidimpuan mendapatkan akses jaringan internet yang bagus, bahkan diyakini hampir seluruh siswa di pedesaan tidak memiliki Smartphone ataupun yang biasa disebut Handphone Android. Oleh sebab itu KOMUNITAS MP3 hadir untuk memberikan bimbingan belajar (Bimbel) gratis kepada adik-adik di tingkat Sekolah Dasar dengan membangun program RUMAH BELAJAR, yang merupakan salah satu alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini. 

RUMAH BELAJAR ini sudah berjalan di Desa Simapilapil, Kecamatan Hutaimbaru, tentunya atas persetujuan Kepala Lingkungan di daerah tersebut. RUMAH BELAJAR Desa Simapilapil ini sendiri diadakan setiap dua kali dalam seminggu, yaitu di hari selasa dan hari sabtu. Program RUMAH BELAJAR ini juga akan dibuka oleh KOMUNITAS MP3 di desa-desa sekitaran kota Padangsidimpuan. Dan tentunya program RUMAH BELAJAR di masa pandemi ini tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan menjaga jarak selama pembelajaran.

Tujuan dari RUMAH BELAJAR ini adalah sebagai program dalam memberikan edukasi melalui bimbingan belajar (Bimbel), baik itu materi pembelajarannya maupun pendidikan moralnya, dan juga untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak siswa Sekolah Dasar di masa pandemi ini. 

Dan harapannya program RUMAH BELAJAR ini tidak hanya berjalan di masa pandemi ini, tetapi juga tetap menjadi wadah bagi anak-anak khususnya di pedesaan untuk mendapatkan edukasi ataupun pendidikan tambahan, terutama pendidikan moral.