Pengabdian Di Masa Pandemi, Mahasiswa Kukerta UNRI Buatkan Produk Teknologi Tepat Guna
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Pengabdian Di Masa Pandemi, Mahasiswa Kukerta UNRI Buatkan Produk Teknologi Tepat Guna

Friday, August 14, 2020



Pengabdian ke masyarkat dalam bentuk program kuliah kerja nyata (kukerta/kkn) merupakan tindakan konkrit implementasi salah satu poin yang terdapat pada tri dharma perguruan tinggi. 


Padamasa pendemi ini Universitas Riau memperkenalkan program baru yaitu kkn balek kampung, dimana mahasiswa dapat melakasakan kkn di kampung halaman masing-masing, baik di Provinsi Riau mapun di luar Provinsi Riau dengan sistem pelaksanaan semi daring. 


Salah satu contoh tim mahasiswa yang melakasanakan kkn diluar Provinsi Riau adalah di desa Sundata, Kecematan Lubuk Sikaping, Pasaman Sumatera Barat.


Sembilan orang mahasiswa kkn yang tergabung dalam tim desa sundata ini, mebuat terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyrakat dalam program kerjanya.


 Yaitu membuat suatu teknologi tepat guna sesusai dengan kebutuhan dimasa pandemi ini yaitu hand sanitizer dan stand untuk meletakkannya. Semua produk ini diproduksi sendiri dan khusus untuk standnya menggukan barang yang sudah tak terpakai sebelumnya. 


Seperti pipa plastik, papan bekas gulungan kabel, tali rapia dll. Teknologi tepat guna ini mempunyai kelebihan selain untuk mempermudah masyarakat untuk membiasakan diri untuk mencuci tangan dan hidup sehat juga mempunyai nilai ekonomis tinggi. 


Pada tanggal 10 Agustus kemarin dilakukan penyerahan produk kepada pihak Wali Nagari selaku pihak yang menaungi pemerintahan desa tersebut. 


Mereka sangat mengapresiasi karya dari mahasiswa ini dan berharap bisa menjadi produk percontohan untuk diproduksi lebih banyak lagi, serta menjadi stimulus untuk masyrakat setempat untuk lebih kreatif memanfaatkan barang di sekitarnya. 


Disamping itu, dengan adanya produk produk ini  juga dapat sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi masyarkat tentang bagaimana cara hidup di era new normal.