RUANG MILENIAL part 1: Balandik, Silaturahmi Tuo-Mudo Gantuang Ciri
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

RUANG MILENIAL part 1: Balandik, Silaturahmi Tuo-Mudo Gantuang Ciri

Monday, August 3, 2020


Solok- Gantuang ciri, 3/8/2020. Balandik, sebuah istilah yang digunakan oleh orang Minangkabau dalam lomba layangan. Di Nagari Gantuang Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, kebiasaan Balandik selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Biasanya dilakukan setelah musim panen tiba. 

Sekedar bermain layangan, lebih dari itu, kebiasaan Balandik yang dilakukan secara suka ria adalah bentuk dari mensyukuri hasil panen. 

Tidak hanya anak muda, yang tuapun terkadang juga ikut meramaikan permainan. Banyak pemuda dari Nagari-Nagari sekitar Gantuang Ciri juga ikut meramaikan. Namanya acara suka ria, balandik diikuti oleh anak muda dengan gembira. 

Balandik juga menjadi ajang silaturahmi pemuda antar Jorong di Nagari Gantuang Ciri, bahkan juga dari Nagari lainya sekitaran Gantuang Ciri. 

Wadah silaturahmi yang menarik. Sembari bercengkrama menyampaikan ide-ide dari gerakan RUANG Milenial, kawan kawan RUANG Milenial juga ikut meramaikan acara tersebut dengan berpartisipasi langsung sebagai peserta Balandik. Ide-ide kawan-kawan RUANG Milenial menjadi katalisator politik Milenial Kabupaten Solok, disambut baik oleh peserta Balandik Nagari Gantuang Ciri.

Kepada kawan-kawan RUANG Milenial "Harapanya, dari kawan-kawan Balandik di Gantuang Ciri, silaturahmi dari gerakan ini, berlanjut ke Nagari-Nagari lainnya dengan bentuk dan cara yang berbeda".