Darul Siska Kembali Mengadakan Sosialisasi 4 Pilar: Ketika Masyarakat Sehat Maka Jiwa dan Pikirannya Akan Sehat
loading...
-->
loading...

Pasang Iklan Anda

Darul Siska Kembali Mengadakan Sosialisasi 4 Pilar: Ketika Masyarakat Sehat Maka Jiwa dan Pikirannya Akan Sehat

Wednesday, November 18, 2020

 


Tanah Datar - Drs. H. Darul Siska, Anggota MPR RI dari Dapil I Sumatera Barat, bersama masyarakat kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi 4. Kegiatan kali ini dilakukan di Gedung Nasional Kabupaten Tanah Datar. Peserta yang diundang adalah siswa-siswi pelajar dan guru SMA di Tanah Datar. Di tengah pandemi tidak menyurutkan semangat untuk terus menyebarkan nilai-nilai UUD NRI 1945 dan Pancasila. Protokol kesehatan berupa 3M (memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan, dan menjaga jarak) ditaati selama acara demi mencegah penularan COVID-19. 

Pada sela-sela acara ini, Darul Siska juga tidak lupa mengingatkan kembali kepada para peserta untuk mematuhi protokol kesehatan di manapun dan kapanpun, serta hidup sehat dengan cara istirahat yang cukup, makan dan minum yang bergizi, serta rajin berolahraga. Sang Legislator menambahkan, ketika masyarakat sehat maka jiwa dan pikirannya akan sehat pula, sehingga mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam Pancasila. Adanya COVID-19 bukan penghalang untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk menyemarakkan 4 Pilar Kebangsaan. Selama taat protocol kesehatan dan menajaga kesehatan, akan sangat memperkceil potensi tertularan COVID-19.

Antusiasme masyarakat berupa pertanyaan-pertanyaan seputar Kebangsaan telah menghidupkan suasana kegiatan kali ini. “Bagaimanakah seharusnya kami menyikapi adanya komentar yang dilontarkan salah satu tokoh bangsa terkait generasi milenial seperti kami ini, yang tidak berkontribusi terhadap negara?” tanya Elly, salah satu peserta kegiatan. “Saya selalu yakin, setiap anak-anak bangsa telah memberikan kontribusi. Membayar pajak, menjaga kebersihan, saling menjaga keamanan dan ketertiban, itu adalah  bentuk-bentuk kontribusi kita kepada lingkungan dan negara. Berkontribusi itu tidak melulu tentang menciptakan sesuatu, atau menjadi pejabat, tetapi setiap kebaikan yang bermanfaat bagi lingkungan tinggal kita adalah kontribusi yang nyata. Jadi adik-adik, janganlah kita pernah berkecil hati, yang terpenting adalah senantiasa melakukan kebaikan untuk bersama,” jawab Darul Siska.

Diskusi kebangasaan tidak hanya sampai di situ, Anto, salah satu pelajar SMA di Tanah Datar juga menanyakan tentang tindakan korupsi yang dilakukan oleh para pejabat tidak mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sedikitpun, namun masih banyak dilakukan oleh para pejabat. Darul Siska menjawab, “Manusia akan selalu merasa kurang, dan tidak akan pernah puas. Sekaya apapun akan selalu merasa kurang hartanya. Oleh karena itu, juga menjadi pelajaran bagi adik-adik untuk tidak melandasi niat apapun karena materi, tapi karena kebaikan supaya kita tidak terjebak dalam hitung-hitungan materi yang tidak pernah habis.”

Pada akhir kesempatan ini Darul Siska bepesan kepada siswa-siswi SMA, untuk terus belajar dengan baik dan bermanfaat bagi keluarga, agama, dan negara. Jangan pernah meremehkan sekecil apapun doa dan usaha. Doa dan usaha harus seimbang dan tidak pernah berputus asa.